Solid Drawing
Solid drawing adalah kemampuan individu dalam membuat gambar dengan baik dan benar, dan juga kemampuan dalam mengkomposisikan gambar sehingga terlihat lebih nyata dengan kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai angle sehingga karakter tersebut terlihat bervolume dan konsisten dalam setiap frame animasi dengan semua atribut yang menempel dengan si karakter tetap berada pada letak dan bentuk yang seharusnya. Solid drawing merupakan pendekatan prinsip animasi untuk menetapkan bentuk, volume, tekstur, berat setiap objek pada animasi, yang harus tetap seimbang pada setiap aktifitas atau gerakan yang terjadi pada objek tersebut. Pencahayaan juga memberi efek pada gambar yakni akan mempengaruhi kontras tidaknya permukaan sebuah objek, mempengaruhi posisi dan bentuk bayangan objek. Bayangan yang mengikuti perubahan bentuk objek juga merupakan salah satu penerapan prinsip solid drawing.
Timing and Spacing
Grim Natwick -seorang animator Disney pernah berkata, Animasi adalah tentang timing dan spacing. Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak. Spacing akan mempengaruhi kecepatan gerak bola, percepatan dan perlambatannya, sehingga membuat sebuah gerakan lebih realistis.
Squash and Strecth
Squash and strecth adalah upaya penambahan efek lentur pada objek atau figur sehingga seolah-olah memuai atau menyusut sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup. Penerapan squash and stretch pada figur atau benda hidup akan memberikan enhancement sekaligus efek dinamis terhadap gerakan/action tertentu, sementara pada benda mati penerapan squash and stretch akan membuat mereka tampak atau berlaku seperti benda hidup.
Anticipation
Anticipation adalah prinsip animasi di mana sang animator memberikan tanda kepada penonton mengenai apa yang akan di lakukan oleh si karakter. Bisa juga di anggap sebagai persiapan/awalan gerak/ancang-ancang dari si karakter.
Slow In and Slow Out
Slow In dan Slow Out menegaskan kembali bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda. Slow in terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Slow outter jadi jika sebuah gerakan yang relatif cepat kemudian melambat. Sama seperti spacing yang berbicara tentang akselerasi dan deselerasi.
Arcs
Arcs juga merupakan prinsip dasar animasi yang memberi kesan alami karena gerakan karakter seperti manusia dan hewan bergerak membentuk pola. Dengan prinsip arcs ini,selain terlihat alami,gerak animasi juga akan terlihat lebih smooth dan lebih realistik. Pola gerak semacam inilah yang tidak dimiliki oleh sistem pergerakan mekanik/ robotik yang cenderung patah-patah.
Secondary Action
Secondary action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik. Secondary action tidak dimaksudkan untuk menjadi ‘pusat perhatian’ sehingga mengaburkan atau mengalihkan perhatian dari gerakan utama. Kemunculannya lebih berfungsi memberikan emphasize untuk memperkuat gerakan utama.
Follow Through and Overlapping Action
Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak. Sementara overlapping action bisa dianggap sebagai gerakan saling-silang yang merupakan serangkaian gerakan yang saling mendahului (overlapping). Pergerakan tangan dan kaki ketika berjalan bisa termasuk didalamnya.
hae sistah :v
BalasHapushae ma sis:3
Hapus